Patung Chairil Anwar


Mengapa Patung Chairil Anwar Ada di Kayutangan Heritage Kota Malang?

Chairil Anwar seorang penyair muda Indonesia pelopor Angkatan '45 yang terkenal dengan puisi "Aku" dan "Kerawang Bekasi" datang ke kota Malang saat Sidang Pleno Kelima Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) pada 25 Februari hingga 6 Maret 1947 yang diadakan di gedung Societiet Concordia (sekarang gedung Sarinah Malang).


Patung Chairil Anwar ANTARA Foto

Begitu juga sajak "Diponegoro" yang terpahat di dinding selatan pedestral patung dada Chairil Anwar sedang dicat ulang. Sementara itu pengamat budaya dan pariwisata Jakarta, H Abu Galih mengakui patung perunggu yang sudah dikonservasi tampak mengkilap. Ini terlihat pada patung MH Thamrin di Medan Merdeka Selatan dan patung Diponegoro di.


Patung Chairil Anwar

A A Patung separuh badan penyair Chairil Anwar yang ada di Kawasan Heritage Kota Malang. Foto/Dok. Pribadi Sifin Astaria Tugumalang.id - Kalau melintas di kawasan Kayutangan Heritage, Kota Malang, Jawa Timur, tepatnya depan Gereja Paroki Hati Kudus Anda akan melihat patung separuh badan. Tahukah Anda patung siapa itu?


Jejak Sejarah Monumen dan Perjalanan Chairil Anwar di Kota Malang

Menurut Sisco, patung Chairil Anwar secara resmi didirikan pada 28 April 1955. Saat itu, tidak hanya Hudan Dardiri yang merupakan guru bahasa di SMAN 1 Malang yang hadir. Namun Wali Kota Malang, M. Sardjono juga ikut andil. Awalnya, patung itu masih satu sama tinggi dengan jalan. Namun saat ini patung Chairil Anwar sudah ditinggikan lebih satu.


Lihat lebih dekat, ini lima patung pahlawan yang ada di kawasan Monas ANTARA News

Berbentuk patung dada atau lebih dikenal dengan gaya torso, terbuat dari bahan perunggu. Patung ini terletak di dalam Taman Monas Utara, pada bagian utara Patung Diponegoro. Patung Torso Chairil Anwar ternyata dapat diketemukan juga di Kota Malang.


Karya dan Sosok Chairil Anwar Menjulang Tinggi di Tengah Problem dan Kontroversi Institut

Anwar location of the statue is about 100 meters in the North statue of Diponegoro. Anwar is a poet who became a pioneer Force '45. In the world of literat.


Patung Chairil Anwar Malang

Patung penyair Chairil Anwar yang dikenal lewat puisi-puisinya dibuat oleh Arsono dan diletakkan di Taman Monas Utara. Wajah Chairil Anwar yang tenang memandang lurus ke depan. Dikutip dari laman resmi provinsi DKI Jakarta, patung ini diresmikan pada 21 Maret 1986. 5. Patung Diponegoro


Menelusuri Jejak Chairil Anwar di Ibukota Historia

Mari mengenal lebih dekat dengan patung Chairil Anwar, salah satu pujangga besar Indonesia yang dikenal dengan puisi-puisinya yang menyentuh hati. Patung ini menjadi penghormatan bagi kecerdasan dan kepiawaian sastrawan terkenal ini. Bangkitkan semangat seni Anda dengan mengunjungi patung Chairil Anwar yang berada di salah satu sudut taman kota Jakarta.


Chairil Anwar statue

Chairil Anwar (26 Juli 1922 - 28 April 1949), dijuluki sebagai " Si Binatang Jalang " (dari karyanya yang berjudul Aku ), adalah penyair terkemuka Indonesia. Dia diperkirakan telah menulis 96 karya, termasuk 70 puisi. Bersama Asrul Sani dan Rivai Apin, ia dinobatkan oleh H.B. Jassin sebagai pelopor Angkatan '45 sekaligus puisi modern Indonesia.


Menilik Sejarah Keberadaan Patung Chairil Anwar di Kayutangan Malang Pagi

Karya Chairil Anwar sudah diterjemahkan dalam Bahasa asing seperti terjemahan dalam Bahasa Inggris, Jerman, dan Spanyol. Perlu diketahui juga jika sebagai bentuk penghormatan dibangunlah patung dada Chairil Anwar di Kawasan Jakarta dan hari dimana dirinya meninggal dunia diperingati sebagai Hari Chairil Anwar oleh para pengagumnya.


Chairil Anwar Ingin Hidup Seribu Tahun Lagi di Malang Batikimono

Pahatan Puisi 'Aku' yang di Patung Chairil Anwar. (Foto: Hariani/MP) Pria yang pernah menjadi wartawan harian Sinar Harapan Jakarta (1974-1986) itu mengungkapkan alasan dipilihnya sosok Chairil Anwar. Menurutnya, keputusan tersebut guna menunjukkan semangat pemuda-pemudi Malang pada zamannya tentang kemerdekaan, seperti cita-cita Chairil.


Chairil Anwar Ingin Hidup Seribu Tahun Lagi di Malang Batikimono

Kehebatan Chairil Anwar nyatanya tidak hanya terdengar di Jakarta selaku pusat negara. Penyair yang lahir pada 26 Juli 1922 ini juga hadir di Kota Malang. Salah satunya melalui kehadiran patung Chairil Anwar yang berada di kawasan Kayutangan, Kota Malang.. Berdasarkan pengamatan Republika, patung Chairil Anwar terletak di sekitar Gereja Paroki Hati Kudus Yesus.


Karya Anak Bangsa Siapa Itu Chairil Anwar?

Patung yang memperlihatkan bagian dada ke atas ini dibuat pematung Arsono dan diresmikan pada 11 Januari 1982. 2. Patung IKADA. Patung penyair Chairil Anwar yang dikenal lewat puisi-puisinya dibuat oleh Arsono dan diletakkan di Taman Monas Utara. Wajah Chairil Anwar yang tenang memandang lurus ke depan. Dikutip dari laman resmi provinsi DKI.


Patung Chairil Anwar Malang

Setidaknya, terdapat lima patung tokoh ternama yang terpajang di setiap penjuru mata angin kawasan Monas, mulai dari Pangeran Diponegoro, Raden Ajeng Kartini, hingga penyair legendaris Chairil Anwar. Kelima patung tersebut merupakan pemberian sejumlah sosok ternama dan berpengaruh.


Menelusuri Jejak Chairil Anwar di Ibukota Historia

Jakarta Metro Tahukah Anda, Ada 5 Patung Ini di Kawasan Monas? Kebanyakan orang bisa jadi mengenal Monas dan kepanjangannya, tapi belum tentu semua orang tahu ada lima patung di kawasan monumen nasional tersebut. Newswire - Bisnis.com Rabu, 24 Juni 2020 | 10:23 Perbesar


Foto Patung Chairil Anwar di Malang Akan Ditetapkan Sebagai Cagar Budaya

Patung Chairil Anwar Monas berada di dalam kawasan Taman Monas Utara, di sebelah utara dari Patung Diponegoro di kawasan yang sama. Patung yang dibuat dari bahan perunggu ini dibuat dalam gaya torso atau berupa patung sebatas dada.