Alkilhalida


Alkil Halida adalah senyawasenyawa yang mengandung halogen yang

7. Alkil halida (haloalkana), yaitu senyawa turunan alkana yang memiliki atom halogen −X (F, Cl, Br, atau I). Senyawa haloalkana dengan satu atom halogen X mempunyai rumus umum C n H 2n +1 X. Tata nama IUPAC: Rantai karbon terpanjang dengan cabang terbanyak yang mengandung atom halogen ditetapkan sebagai rantai induk.


ALKIL HALIDA Tinjauan reaksi subtitusi nukleofilik Kelompok Kimia

Rumus umum haloalkana adalah R-X dengan X adalah alkil (R = C n H 2n+1) dan X adalah atom halogen (X = F, Cl, Br, atau I). Contoh: Tata Nama Haloalkana. Haloalkana diberi nama dengan menyebut nama halogen yang terikat (Fluoro, kloro, bromo, iodo) yang diikuti nama alkananya. Contoh: CH 3-Cl kloro metana CH 3-CH 2-Br bromo etana CCl 4 tetra.


Komod21 (Alkil Halida) Pembelajaran 2. 1 Alkil Halida A. Materi Pelajaran Alkil halida

Alkil adalah radikal univalen yang hanya mengandung atom karbon dan hidrogen yang disusun dalam satu rantai. Alkil membentuk rangkaian yang dapat disederhanakan dalam rumus C n H 2n+1.Misalnya, metil, CH 3 · (diturunkan dari metana) dan butil C 4 H 9 · (diturunkan dari butana).Alkil, sehari-hari tidak ditemukan dalam rantai-rantai tersendiri namun tergabung dalam molekul bercabang yang lebih.


SOLUTION Kimia organik (alkil halida) part 2 Studypool

Pada video Kimia Organik: Struktur, Tatanama, Sifat Fisik dan Kimia Alkil Halida ini menjelaskan materi tentang Struktur, Tatanama, dan sifat-sifat fisik dan.


39 Tabel Rumus Alkil Dan Nama Alkil paling Lengkap

Atom halogen (F, Cl, Br, atau I) dapat diwakili dengan X. Dengan menggunakan lambing umum, maka alkil halida adalah RX dan aril halida seperti bromobenzena (C6H5Br) adalah ArX (Fessenden, 1986). Senyawa halogen itu sagat penting karena beberapa alasan. Alkil halida dan aril sederhana, terutama klorida da bromide merupakan reagen yang berguna.


SOLUTION Kimia organik (alkil halida) part 2 Studypool

Alkil halida Rumus umum alkil halida adalah R — X, di mana R merupakan senyawa karbon dan X adalah senyawa halogen seperti fluorida (F), klorin (Cl), bromin (Br), dan iodin (I). Contoh senyawa ini antara lain metil bromida (CH3Br), etil iodida (C2H5I), dan isopropil klorida (C3H7Cl). 2. Alil halida


ALKIL HALIDA Tinjauan reaksi subtitusi nukleofilik Kelompok Kimia

Video ini berisi penjelasan lengkap tentang haloalkana, yang terdiri dari rumus umumnya, tata nama berdasarkan IUPAC & Trivial, isomer-isomernya, sifat fisik.


KIMIA ORGANIK II Tugas Mandiri REAKSI ELIMINASI ALKIL HALIDA

Rumus Umum dan Struktur Alkil halida memiliki rumus umum yaitu RX, dan dimana R dapat berupa gugus alifatik dan gugus aromatik. Sementara X merupakan halida (unsur-unsur halogen) yaitu F, Cl, Br, dan I. Sebagai contoh struktur di bawah ini. Ikatan sigma C-X (C-Cl) terbentuk oleh tupang tindih suatu orbital atom halogen dan suatu


alkilhalida [Download PPT Powerpoint]

Struktur Senyawa Haloalkana Senyawa haloalkana atau bisa kita sebut sebagai senyawa halogen alkana atau alkil halida, mempunyai rumus umum: R - X R = CnH2n+1 X = unsur halogen Contoh: CH3Cl; CCl2F2; CH3Br; CH3I Tatanama Senyawa Haloalkana Kita dapat menentukan tatanama senyawa haloalkana dengan cara sebagai berikut: Menyebutkan terlebih dahulu nama halogennya.


Eka Yuga Buana REAKSI ELIMINASI ALKIL HALIDA

Rumus umum untuk sebuah asil halida dapat dituliskan dengan RCOX, di mana R dapat sebuah gugus alkil, CO adalah gugus karbonil, dan X menunjukkan atom halogen. Asetil klorida. Gugus RCO-adalah sebuah asil halida. Asil klorida adalah asil halida yang sering digunakan. Asil halida dibuat dengan halogenasi sebuah asam karboksilat, maka dari itu.


Tata Nama Alkil Halida (Kimia SBMPTN, UN, SMA) YouTube

Haloalkana atau alkil halida adalah senyawa yang memiliki rumus umum "RX" di mana R adalah gugus alkil atau alkil tersubstitusi dan X adalah halogen (F, Cl, Br, I). Haloalkana telah dikenal selama berabad-abad. Kloroetana diproduksi secara sintetis pada abad ke-15. Sintesis sistematis senyawa tersebut dikembangkan pada abad ke-19 setahap dengan.


Struktur dan Tatanama Alkil Halida (Haloalkana) YouTube

Contoh Soal Haloalkana dan Pembahasan. 1. Senyawa A dan B adalah isomer konstitusional dengan rumus molekul C3H7Cl C 3 H 7 C l. Ketika molekul A direaksikan dengan natrium metoksida, reaksi substitusi lebih dominan, sementara perlakuan serupa untuk B menimbulkan reaksi eliminasi yang lebih dominan. Perkirakan struktur untuk molekul A dan B.


Alkilhalida

Alkil Halida. Rumus umum alkil halida adalah R - X. Dengan R adalah senyawa karbon dan X senyawa halogen (F/Cl/Br/I). Rumus ini seringkali dinyatakan juga sebagai rumus umum haloalkana. Contohnya adalah CH3Br (metil bromida), etil iodida, isopropil klorida, dan tersier butil florida.


PPT ALKIL HALIDA Tinjauan reaksi subtitusi nukleofilik PowerPoint Presentation ID3820295

ALKIL HALIDA - Download as a PDF or view online for free. Submit Search.. Nukleofilik R X Y- R Y X-Subtitusi Reaksi Umum : Alkil halida Gugus pengganti Gugus pergi (leaving group) Produk Mekanisme SN1 SN2. Mekanisme SN Rumus umum laju reaksi : V = k1[RX] + k2.


ALKIL HALIDA Tinjauan reaksi subtitusi nukleofilik Kelompok Kimia

Haloalkana (Alkil Halida). R merupakan lambang umum untuk sebuah gugus alkil (metil, etil, propil, dst.), sedangkan X mewakili halogen (F, Cl, Br, atau I). Jadi, rumus umum haloalkana (alkil halida) ialah RX. 1. Rantai induk adalah rantai terpanjang yang mengandung atom halogen. 2.


JPY Blog Pertemuan III eliminasi pada alkil halida dan alkohol

1. Pembakaran, semua hidrokarbon dapat terbakar dan bereaksi dengan oksigen dengan persamaan umum: CxHy +(x + y 4)O2 → xCO2 + y 2H2O C x H y + ( x + y 4) O 2 → x CO 2 + y 2 H 2 O. 2. Reaksi halogenasi membentuk senyawa haloalkana, secara umum reaksinya sebagai berikut: R-H + X-X → → R-X + H-X.